baker December 28, 2017
Jasa Sertifikasi ISO

Sertifikasi ISO sendiri bukanlah merupakan hal yang mudah. Proses yang dilalui cukup panjang dengan jumlah dana yang dikeluarkan pun tidak sedikit. Dengan tenaga dan modal yang telah dikeluarkan, tentunya perusahaan mengharapkan keberhasilan dalam berbagai aspek bila berhasil mendapatkan Sertifikasi ISO tersebut. Sayangnya, terkadang harapan dan usaha tidak sejalan dengan realita. Banyak sekali kendala dan hambatan yang harus dihadapi perusahaan dalam proses sertifikasi maupun sesudahnya. Banyak sekali faktor yang menjadi penyebab kendala maupun hambatan semacam itu muncul, namun mayoritas berasal dari internal perusahaan itu sendiri karena kurangnya persiapan maupun pemahaman terhadap ISO tersebut.

Sertifikasi ISO

  • Kurangnya pemahaman karyawan.

“Keadaan tersebut dipicu oleh ketergesaan pimpinan untuk mendapatkan sertifikasi ISO bagi perusahaan.” Segala proses lantas diminta untuk cepat sehingga tidak cukup waktu untuk memberikan pemahaman terhadap karyawan pelaksana dan hanya pangkal-pangkal perusahaan saja yang paham. Dengan kondisi tersebut, meskipun sertifikat didapatkan, kualitas manajemen mutu tidak benar-benar meningkat.

  • Absennya keterlibatan karyawan

Prinsip ISO adalah memegang teguh kesetaraan antar karyawan dan menonjolkan keterlibatan semua pihak dalam pengelolaan perusahaan. Namun tanpa adanya pemahaman yang mendalam pada diri karyawan, praktek senior dan junior masih akan berlangsung di mana pegawai yang lebih muda hanya menerima dan mematuhi perintah tanpa memberikan sumbangsih ide untuk kemajuan perusahaan. Hal tersebut akan membuat perusahaan berjalan di tempat.

  • Minimnya komunikasi antar departemen

ISO berpatokan kepada lancarnya komunikasi antar karyawan. Akan tetapi, tanpa tahapan persiapan yang matang, komunikasi pun menjadi sulit, bahkan kerap menimbulkan kesalahpahaman antar pegawai, terutama antar departemen. Sehingga sebelum maupun sesudah sertifikasi, hubungan tersebut tidak kunjung membaik.

  • Tenggat waktu tidak tercukupi

Dengan mengacu standar manajemen mutu Internasional, seharusnya tidak sampai terjadi overload pekerjaan, karena proses produksi semestinya berjalan lancar.

Penanganan Kendala Sertifikasi ISO

Jasa Sertifikasi ISO

Meskipun problematika di atas tampak kompleks, hal-hal tersebut sebenarnya dapat dicegah agar tidak sampai terjadi bila memang ada keinginan dari pihak yang berwenang di perusahaan untuk tidak hanya mendapatkan sertifikat, tetapi juga benar-benar menerapkannya dalam praktek manajemen sehari-hari.

  • Perencanaan yang matang

Ketika niat untuk mengikuti sertifikasi ISO telah bulat, hendaknya melakukan pihak perusahaan melakukan perencanaan dengan sematang mungkin. Termasuk pula koordinasi dengan seluruh karyawan di perusahaan agar hasil yang didapat maupun tanggung jawab setelahnya dapat dipikul bersama.

  • Menggunakan jasa konsultan

Bukan mustahil sebenarnya menjalani sertifikasi ISO tanpa melibatkan konsultan. Akan tetapi, keterlibatan konsultan merupakan salah satu bentuk keseriusan perusahaan dalam mendapatkan maupun menjalankan ISO tersebut. Sebab, konsultan tidak hanya berperan membantu meraih ISO, tetapi juga membimbing seluruh lapisan karyawan dalam penerapannya agar tepat sebagaimana mestinya.

Please follow and like us:

Enjoy this blog? Please spread the word :)